Fadlizon, SIF Fellow Alumnus, now House Deputy Chairman

Fadli Zon

Biografi Lengkap Fadli Zon
Fadli Zon, SS, M.Sc merupakan sosok tokoh intelektual, penulis, budayawan, pengusaha, dan politikus terkenal Indonesia yang lahir di Jakarta pada tanggal 1 Juni 1971. Saat ini terpilih sebagai Wakil Ketua DPR-RI untuk periode 2014 – 2019 menemani Setya Novanto yang menjadi Ketua melalui pemilihan dalam lingkup DPR RI. Ia lulus di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Program Studi Rusia dan The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris di bidang Master of Science (M.Sc) Development Studies. Kini Ia sedang melanjutkan pendidikannya di bidang Sejarah FIB UI untuk gelar S3. Tokoh Aktivis mahasiswa awal tahun 1990-an ini memiliki segudang kesibukan, tidak hanya aktif di bidang jurnalistik, politik, budaya, dan bisnis, Fadli Zon terlibat aktif sebagai pengajar di FIB UI.

Fadli Zon yang lahir di Jakarta dan semasa kecil hidup di desa Cisarua-Bogor, anak pertama ketiga saudaranya dari ayahnya pasangan Zon Harjo (alm) dan ibunya Hj. Ellyda Yatim. Orang tuanya memiliki keturunan Minangkabau dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Kedua anaknya yang bernama Shafa Sabila Fadli saat ini berumur 13 tahun dan Zara Saladina Fadli yang masih berusia 6 tahun.

Fadli Zon dudu dibangku sekolah dasar di Cibeureum, Cisarua, Bogor dan lanjut SMP di Gadog, Bogor dan Jakarta. Di bangku SMA, selama dua tahun ia bersekolah di SMA Negeri 31, Jakarta Timur dan kemudian meraih beasiswa dari AFS (American Field Service) dan pindah ke San Antonio, Texas, Amerika Serikat dan menyelesaikan pendidikannya dengan meraih predikat summa cum laude.

Waktu kecil, Fadli Zon memang telah memperlihatkan dirinya dengan gemar membaca, berorganisasi serta menyukai karya tulis. Fadli Zon juga pernah memenangkan berbagai kompetisi siswa yang berprestasi seperti lomba pidato, tulis puisi, baca puisi, karya tulis, drama, karya ilmiah dan matematika. Fadli Zon juga pernah menjabat sebagai Ketua Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 31, dan meraih juara pertama dalam kompetisi mengarang se-DKI.
Pada masa kuliah, ia terlihat aktif di berbagai macam organisasi intra kampus dan juga ekstra kampus, dengan melihat riwayat organisasinya yang pernah menjabat Ketua Biro Pendidikan Senat Mahasiswa FSUI (1992-1993), Ketua Komisi Hubungan Luar Senat Mahasiswa UI (1993-1994) dan Sekretaris Umum Senat Mahasiswa FSUI (1993). Fadli juga sering terlibat demonstrasi mahasiswa UI dalam isu-isu nasional dan internasional dan bahkan sebagai pemimpin demonstrasi tersebut. Fadli Zon juga terlibat aktif dalam memimpin jaringan aktivis mahasiswa di Jawa serta mengusung gagasan (Gerakan Mahasiswa 1990-an). Fadli Zon turut aktif dalam membentuk serta menghidupkan kelompok studi di kampus UI era awal tahun 1990-an. Untuk kegiatan budaya, ia tergabung bersama Teater Sastra UI.

Untuk urusan luar kampus, Fadli Zon pernah menjabat sebagai Sekjen dan Presiden Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) untuk periode 1993-1995, pengurus pusat Gerakan Pemuda Islam periode 1996-1999, pengurus pusat KNPI periode 1996-1999 serta menjadi anggota Asian Conference on Religion and Peace (ACRP) sejak tahun 1996. Fadli Zon juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan BESTARI yang merupakan LSM pada bidang anak-anak dengan aktivitas utamanya Rumah Dongeng Indonesia yang berpartisipasi dalam menyebarkan dongeng pada anak-anak serta membina kreativitas anak-anak di Indonesia (1991-1994).

Pendidikan Fadli Zon

SD Cisarua, Bogor
SMP Gadog, Bogor
SMA Negeri 31, Jakarta Timur
Program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Budaya (Universitas Indonesia)
Master of Science (MSc) Development Studies (The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris)
S3 Program Studi Sejarah – Fakultas Ilmu Budaya (Universitas Indonesia)
Penghargaan dan Gelar Kehormatan Fadli Zon

Fadli diangkat menjadi Datuk Bijo Dirajo Nan Kuning (Di kampung nenek moyangnya, di Kabupaten 50 Kota)
2009 : Tuanku Muda Pujangga Diraja, dari Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau
2009 : Tokoh Muda Inspiratif, Kompas
2009 : Komunikator Terbaik Pilpres 2009 untuk kategori Tim Kampanye/Tim Sukses, dari Strategi Aliansi Komunika
2011 : Pemimpin Pancasila Tahun 2011, dari Yayasan Indonesia Satu
2011 : Kanjeng Pangeran Kusumohadiningrat, dari Keraton Surakarta Hadiningrat
2012 : Kanjeng Pangeran Aryo Kusumoyudho, dari Keraton Surakarta Hadiningrat
Profil Tokoh Terkenal Indonesia lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

HTML tags are not allowed.