Habibie takjub film Negeri 5 Menara (adaptasi novel N5M Ahmad Fuadi)

Liputan6.com, Jakarta: Mengesankan dan mengulang sejarah. Itu lah yang dirasakan tokoh penting Indonesia, BJ Habibie, setelah menonton Negeri 5 Menara. Ingatan sang profesor seolah kembali ke masa kecilnya.”Saya lebih muda dari mereka dulu. Umur sekitar delapan tahun waktu harus mengungsi tinggal di pinggir hutan. Obrolannya sama. Hanya saja waktu itu saya lompat ke kali, bukan ke danau,” kata bekas Presiden Indonesia ke-3 itu dalam program Halo Selebriti, Senin (5/3).Perasaan yang sama juga dikemukakan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. “Kuncinya adalah kesungguhan. Dengan kesungguhan, kita bisa mendapatkan apapun,” tutur Gamawan.

Film adapatasi novel karangan Ahmad Fuadi ini menceritakan persahabatan di Pondok Pesantren Madani, Ponorogo, Jawa Timur, yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda. Keenam sahabat ini sepakat membuat sebuah janji dengan berpegang pada keyakinan man jadda wajadda, yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh dialah yang berhasil.
Film yang sarat dengan inspirasi tentang tekad, kerja keras, dan persaudaraan ini didukung oleh bintang-bintang muda berbakat hasil kasting selama 2011. Film ini juga didukung sejumlah aktor dan aktris senior seperti Ikang Fauzi, David Chalik, dan Andika Pratama.
Sang penulis novel Ahmad Fuadi berharap bisa menularkan semangat man jadda wajada semakin luas ke ranah publik. “Saya merasa seluruh isi novel saya bisa ditransfer ke dalam skenario, bahkan ada bagian yang menjadi lebih bagus,” ujar Fuadi.(ASW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

HTML tags are not allowed.